DZIKIR SEBAGAI JALAN PENEBUSAN DOSA

Alloh SWT berfirman :

… وَأَلْزَمَهُمْ كَلِمَةَ التَّقْوٰى وَكَانُوٓا أَحَقَّ بِهَا وَأَهْلَهَا ۚ وَكَانَ اللَّهُ بِكُلِّ شَىْءٍ عَلِيمًا

” … dan ( Alloh ) mewajibkan kepada mereka ( para Rosul dan orang – orang beriman ) kalimat taqwa dan mereka berhak dengan itu dan mesti memilikinya . Dan Alloh Maha Mengetahui segala sesuatu .”
[ QS. Al-Fath / 48 : Ayat 26 ] Ket :
Kalimat Taqwa itu adalah kalimat Laa ilaaha illalloh.

Talqin dzikir itu memasukan cahaya dan menetapkan inti kalimat Laa ilaaha illalloh ke dalam ruh yang sedang ngontrak di badan .
Talqin Dzikir itu bai’at .
Bukan berbai’at kepada orang tetapi berbai’at kepada ALLOH .
Siapa saja yang sudah Talqin berarti ia sudah MENJUAL dan MENYERAHKAN diri-nya kepada ALLOH , yang disaksikan oleh para Wakil – NYA yaitu : Nabi Muhammad SAW dan para penerusnya ( para Wali Mursyid ) .”

Setelah mendapat talqin dzikir Laa ilaaha illalloh , Mursyid Agung kita Sayyid Muhyiddin Abah Aos ra qsn menganjurkan kepada para Ikhwan-Akhwat agar benar-benar dalam Dzikir-nya . Sebab hanya dengan cara ( Dzikir ) itu kita akan mendapat ampunan [ maghfiroh ] ALLOH , berdasarkan sabda Kanjeng Nabi Muhammad SAW :

*ﻣَﻦْ ﻗَﺎﻝَ ﻻ ﺍﻟﻪ ﺇﻻَّ ﺍﻟﻠﻪ ﻭَﻣَﺪَّﻫﺎ ﻫُﺪِﻣَﺖْ ﻟَﻪُ ﺃﺭْﺑَﻌَﺔ ﺁﻻﻑٍ ﺫَﻧْﺐٍ ﻣِﻦَ ﺍﻟﻜَﺒَﺎﺋِﺮِ .
ﻗﺎﻟﻮﺍ : ﻳﺎ ﺭَﺳُﻮﻝَ ﺍﻟﻠﻪ ﻓﺈﻥْ ﻟَﻢْ ﻳَﻜُﻦْ ﻟَﻪُ ﺷَﻲْﺀٌ ﻣِﻦَ ﺍﻟﻜَﺒَﺎﺋِﺮ ؟ ﻗﺎﻝ : ﻳُﻐْﻔَﺮُ ﻷﻫْﻠِﻪِ ﻭﻟِﺠﻴﺮَﺍﻧِﻪِ*
[ ﺭﻭﺍﻩ ﺍﻟﺒﺨﺎﺭﻱ ]

… barangsiapa yang membaca ( berdzikir ) LAA ILAAHA ILLALLOH dengan memanjangkannya ( ditalqinkan ) , maka gugurlah / hapuslah baginya 4000 dosa besar . Para sahabat bertanya : “ Wahai Rosululloh bagaimana jika ia sudah tidak mempunyai dosa besar ? ” Baginda SAW menjawab : “ ( dzikir yang diamalkannya ) dapat mengampuni dosa keluarganya dan dosa tetangga-tetangganya ”.
[ HR . Bukhori ]

Itu sekali Dzikir , sementara kita berkali-kali ! Tentu saja Dzikir yang benar-benar berisi. BERISI maksudnya dzikir lisan yang diiringi dengan dzikir hati ( mulut mengucap hati mengingat ) . Jika ingin bisa seperti ini maka dzikirnya harus DITALQINKAN terlebih dahulu .

Inilah penebusan dosa . Penebusan dosa bukan di gereja . Penebusan dosa ada di dalam LAA ILAAHA ILLALLOH yang di talqinkan oleh Syeikh Mursyid . Inilah alat untuk meng- iedul fitrikan kita , alat untuk mengembalikan kita menjadi suci seperti bayi baru lahir dari kandungan ibunya .
Firman Alloh SWT :

فَاسْتَبْشِرُوا بِبَيْعِكُمُ الَّذِى بَايَعْتُمْ بِهِۦ ۚ
وَذٰلِكَ هُوالْفَوْزُ الْعَظِيمُ

Maka bergembiralah dengan jual-beli ( bai’at / talqin ) yang telah kamu lakukan itu dan demikian itulah kemenangan yang agung .
( QS. At-Taubah / 9 : Ayat 111 )

Jangan dikotori lagi . Terus amalkan dzikirnya dengan sebaik – baiknya , sebenar – benarnya dan sesungguh – sungguhnya untuk tetap menjaga kesucian jiwa dari segala noda dan dosa . Talqin dzikir adalah bukti syafa’at Alloh kepada manusia yang dipilih oleh-NYA .
Alloh SWT berfirman :

لَّا يَمْلِكُونَ الشَّفٰعَةَ إِلَّا مَنِ اتَّخَذَ عِنْدَ الرَّحْمٰنِ عَهْدًا

” Mereka tidak berhak mendapat syafaat, ( pertolongan ) kecuali orang yang telah mengadakan perjanjian di sisi ( Alloh ) Yang Maha Pengasih .”
( QS. Maryam /19 : Ayat 87 )
Keterangan :
Perjanjian disisi ( Alloh ) Yang Maha Pengasih itu adalah perjanjian menerima talqin Laa ilaaha illalloh .

Salam Ikroman wa Ta’zhiman wa Mahabbatan
LUQMAN KAMIL ASH SHIDDIQ

=======================

Sarahan kitab KANZUL ‘ARSY
Karya PemSus Syeikh Mursyid
KH . Rd Budi Rahman Hakim Al Kholish Ph.D MSW

Check Also

MAKNA LAKI-LAKI ALLOH DALAM THORIQOH

“Laki-laki dalam dunia Sufi itu bukan hanya mereka yang berjenis kelamin laki-laki, tapi juga mereka …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.