METODOLOGI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN RUHANI ( THORIQOH )* Oleh : KH Luqman Kamil Ash Shiddiq

Syarahan dari buku Kanzul ‘Arsy karya PemSus Syeikh Mursyid , KH Rd Budi Rahman Hakim Al Kholish Ph.D MSW
———————————————–

Kalau masih suka ada yang tanya , apa itu thoriqoh ?
Thoriqoh itu ingat kepada Alloh [ Dzikrulloh ] . Dzikir itu perintah ALLOH , terdapat banyak surat dan ayat al- Quran yang menyatakan perintah Dzikir .
Dengan demikian , ber-Thoriqoh itu perintah ALLOH .

Siapa itu thoriqoh ? Thoriqoh ialah orang-orang yang slalu ingat kepada ALLOH [ dzaakir-ALLOH / Syeikh Mursyid ] .
Dan kalau sudah Dzaakir ALLOH maka ia seorang yang slalu di ingat oleh ALLOH [ Madzkur-ALLOH ] , berdasarkan ayat al-Quran , Maka ingatlah kalian kepada-Ku , Aku pun ( akan ) ingat kepada kalian [ Fadzkuruuni Adzkurkum . QS . Al Baqoroh ayat 152 ] .

Bahkan seorang Dzaakir itu ialah orang yang slalu bersama ALLOH , berdasarkan firman-Nya dalam Hadits Qudsi :
‘ Dan AKU bersama hamba -( KU ) yang slalu ingat kepada-KU ‘ [ wa anaa maahu idza dzakaroni ] .

Dan , Dzikir itu tata caranya harus sesuai petunjuk – NYA
Alloh SWT berfirman :

“… وَاذْكُرُوهُ كَمَا هَدٰىكُمْ وَإِنْ كُنْتُمْ مِّنْ قَبْلِهِۦ لَمِنَ الضَّآلِّينَ

“… Dan berdzikirlah kepada-NYA sebagaimana DIA telah memberi petunjuk kepadamu sekalipun sebelumnya kamu benar-benar termasuk orang yang tidak tahu .”
( QS. Al-Baqoroh / 2 : Ayat 198 )

” Wadzkuruuhu kamaa hadakum yaitu melalui Talqin Dzikir .”

*” Thoriqoh itu bukan Yayasan , thoriqoh itu bukan Organisasi , thoriqoh itu bukan Ormas , thoriqoh itu bukan Orsospol .*
*THORIQOH itu amalan ruhaniyah yang tidak memiliki legalitas formal ” .*
*”Thoriqoh itu FIRMAN ALLOH SWT”* , itulah beberapa pernyataan yang saya terima dari Guru Agung Sayyid Muhyiddin Abah Aos ra qsn .
Ini selaras dengan firman-NYA :

وَأَلَّوِ اسْتَقٰمُوا عَلَى *الطَّرِيقَةِ* لَأَسْقَيْنٰهُمْ مَّآءً
غَدَقًا

” Dan sekiranya mereka istiqomah *berthoriqohnya* , niscaya Kami akan mencurahkan kepada mereka air ( rohmat dan karunia ) yang melimpah .”
( QS . Al-Jinn / 72 : Ayat 16 )

Sah-nya sebuah thoriqoh atau dengan kata lain dikatakan sebuah Thoriqoh itu Mu’tabaroh ( legal diakui oleh hukum agama dan negara ) jika ada 7 elemen didalamnya :

*1. Syeikh MURSYID YANG HIDUP*
Syeikh Mursyid / Murobbi ruh dalam thoriqoh itu *pasti seorang ulama* .
Karena mana mungkin bahkan *mustahil* seorang yang bodoh mampu menunjukan jalan untuk sampai ( wushul ) ke hadrot Alloh SWT .
Salahsatu tanda seseorang disesatkan oleh Alloh adalah dia tidak bertemu atau bertemu tetapi tidak mau berguru kepada Syeikh Mursyid .
Firman Alloh SWT :

… مَنْ يَهْدِ اللَّهُ فَهُوَ الْمُهْتَدِ  ۖ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلَنْ تَجِدَ لَهُۥ وَلِيًّا مُّرْشِدًا

“… Barang siapa diberi petunjuk oleh Alloh , maka dialah yang mendapat petunjuk dan barang siapa disesatkan-NYA , maka engkau tidak akan mendapatkan seorang Wali Mursyid ( penolong yang dapat memberi petunjuk jalan wushul kepada Alloh ) ”
( QS. Al-Kahf / 18 : Ayat 17 )

*Syeikh Mursyid adalah seorang pewaris ilmu , amal , akhlaq Nabi SAW yang sempurna .*
Diantara syarat Syeikh Mursyid menurut Tuan Syeikh Abdul Qodir Al Jaelani :

لا ينبغى لفقير أن يتصدّى و يتصدّر لإرشاد الناس إلا أن أعطاه الله علم العلماء و سياسة الملوك و حكمة الحكمآء

Tidak layak seorang shufi bertindak sebagai Syeikh Mursyid yang memberikan bimbingan kepada manusia kecuali ia telah diberi anugerah oleh Alloh SWT :
– ilmunya para ‘ulama ( ilmal ‘ulama )
– strateginya para raja ( siyasatal muluk )
– hikmah yang dimiliki oleh orang-orang yang memiliki ilmu agama yang mendalam ( hikmatul hukama ).

*2. Murid*
Murid ialah orang yang berkeinginan / berkehendak ibadahnya sampai kepada Alloh .

*3. Bai’at / talqin*
Bai’at itu adalah Talqin .
Talqin adalah janji setia kepada ALLOH yang disaksikan oleh Rosululloh SAW dan para Kholifahnya pada setiap masanya .
Alloh SWT berfirman :

“… وَأَلْزَمَهُمْ كَلِمَةَ التَّقْوٰى وَكَانُوٓا أَحَقَّ بِهَا وَأَهْلَهَا …”

“… DAN ( ALLOH ) MEWAJIBKAN KEPADA MEREKA KALIMAT TAQWA dan mereka lebih berhak dengan itu dan mesti memilikinya …”
( QS. Al-Fath / 48 : Ayat 26 )

Firman-NYA :

إِنَّ الَّذِينَ يُبَايِعُونَكَ إِنَّمَا يُبَايِعُونَ اللَّهَ يَدُ اللَّهِ فَوْقَ أَيْدِيهِمْ  ۚ فَمَنْ نَّكَثَ فَإِنَّمَا يَنْكُثُ عَلٰى نَفْسِهِۦ  ۖ وَمَنْ أَوْفٰى بِمَا عٰهَدَ عَلَيْهُ اللَّهَ فَسَيُؤْتِيهِ أَجْرًا عَظِيمًا

“Bahwa orang-orang yang berjanji setia kepadamu ( Muhammad ) , sesungguhnya mereka berjanji setia kepada Alloh . Tangan Alloh di atas tangan-tangan mereka , maka barang siapa melanggar janji , maka sesungguhnya dia melanggar atas ( janji ) sendiri dan barang siapa menepati janjinya kepada Alloh , maka DIA akan memberinya pahala yang besar .”
( QS . Al-Fath / 48 : Ayat 10 )

وَقَالَ صَحِيحُ الإِسْنَادِ وَعَنْ أبي سَعِيدٍ الخُدْرِيّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ ، قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : لَقِنُّوا مَوْتَاكُمْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ . [ رَوَاهُ مُسْلِمْ ] .
Telah berkata dengan sanad hadits yang shohih dari Abi Sa’id al-Khudri ra , telah bersabda Rosululloh SAW : *Talqinkan kepada yang akan mati diantara kalian kalimat Laa ilaaha illalloh*.
[ HR.MUSLIM ]

*4. Silsilah*
Silsilah adalah mata rantai Ruhani yang sambung menyambung dari Mursyid yang masih hidup kepada para Mursyid yang telah wafat hingga sampai kepada Rosululloh SAW dan Alloh SWT .

وَعَنْ أبي هُرَيْرَةَ رَضِيَ الله عَنْهُ أنَّهُ قَالَ ،
قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ :
عَجَبَ رَبُّنَا مِنْ قَوْمٍ يُقَادُونَ إِلَى الجَنَّةِ فِي السَّلاَسِلِ .
Dari Abu Huroiroh ra berkata , sesungguhnya Nabi SAW bersabda : ” Tuhan kamu sekalian ta’jub ( bangga ) terhadap sebuah kaum yang masuk sorga karena tertarik oleh ( rantai ) silsilah “.

*5. Wirid*
Wirid ialah amalan , baik yang berupa bacaan atau yang lainnya yang dikerjakan secara dawam / kontinyu .

*6.Zawiyah Shufiyah*
Zawiyah ialah tempat sumber pengembangan ajarannya MESTI jelas .
*PASANTREN SIRNARASA* PANJALU-CIAMIS , JAWA BARAT ialah zawiyah Thoriqoh Qodiriyyah Naqsyabandiyyah Ma’had Suryalaya silsilah ke 38.

*7. Adab / Akhlaq*
Thoriqoh itu seluruhnya adalah adab , maka barangsiapa yang mengaku berthoriqoh tapi tidak memiliki adab maka pengakuan berthoriqohnya adalah bohong .
Sebagaimana Rosululloh SAW bersabda :

” مَنْ قَالَ لا اله الا ﷲ وَ لَمْ يَعْمَلْ بِمُقْتَضَا هَا قالﷲ تعالی كَذَ بْتَ يَا عَبْدِي لِمَ تَقُوْلُ مَا لاَ تَفْعَلُ ؟ ”

*” Barangsiapa yang berdzikir laa ilaaha illalloh tapi tidak mengamalkan tuntunannya ( dengan kata lain amal dan akhlaqnya tidak sesuai ) maka Alloh berfirman : engkau bohong , wahai hamba – KU , mengapa engkau katakan perkara yang tidak engkau lakukan ? “*

Salahsatu tujuan dari mengamalkan amalan thoriqoh itu adalah agar kita memiliki adab ( berakhlaq ). Ahklaq kepada Alloh , akhlaq kepada sesama manusia dan ahklaq kepada alam sekitar .

Semoga bermanfaat .
Salam Ikroman Wa Ta’zhiman Wa Mahabattan .
– Luqman Kamil Ash Shiddiq –
———————————————-
Disadur dari berbagai sumber bacaan.

Postingan yang berkaitan

Anda juga bisa baca postingan di bawah ini!
Abah anom

ILMU MEREM TIDAK TIDUR

ILMU MEREM TIDAK TIDUR "Umum tau-nya merem itu tidur; nunduk merem itu tidur. Sejak 40 tahun sebelum Indonesia Merdeka sampai sekarang, Suryalaya 1 [Abah Sepuh] & 2 [Abah Anom] sudah mengajarkan 'merem itu tidak tidur'; 'nunduk merem itu tidak tidur'....

Dalam setahun terakhir ini banyak sekali di antara kita yang masa kontrak hidupnya di dunia habis. Azroil menjadi malaikat 'tersibuk' menunaikan tugas khususnya bagi mereka yang tidak tahu dan enggan keluar dari kontrakannya. Sebagian besar harus dipaksa untuk keluar. Ketika...

Ziyarah ke makam itu, utamanya makam para Aulia ALLOH, sejatinya bukan hanya untuk mengingat kematian [ذكرالموت] tapi juga untuk mengingat tentang kehidupan dan bagaimana agar tetap hidup setelah kematian. Ya, kematian itu sesungguhnya hanya pintu gerbang menuju alam kehidupan yang...

Kita sering merasa tidak enak badan, juga kita sering tidak enak hati. Tidak enak badan dan tidak enak hati itu dipastikan karena kita, disadari atau tidak, telah memasukkan sesuatu yang tidak dikehendaki badan; kita melakukan sesuatu yang tidak dikehendaki --tidak...

Hidup bahagia atau sedih, tenang atau gelisah, mudah atau susah, ringan atau berat, semuanya adalah respon emosi kita terhadap kenyataan hidup yang terjadi dan kita alami. Seberapa dalam, seberapa lama, dan seberapa terganggu kita, semua sesungguhnya tergantung kemampuan diri sendiri...

Manusia itu produk teknologi tercanggih, tersempurna dan termutakhir yang ALLOH ciptakan. Bukan hanya hardware-nya tapi juga software-nya. Bukan hanya struktur jasmaninya yang sempurna tapi juga anatomi ruhaninya yang super duper canggih. Kalau kesempurnaan fisik (outer-dimension) manusia barangkali masih ada yang...

Load More